Memulai usaha pastilah dari yang terkecil. Meski saat ini Anda baru menjual bakso setaraf kaki lima, bukan berarti Anda tak mampu menjadi pelaku bisnis pemilik banyak kedai bakso terkenal. Untuk menuju impian tersebut, perlu upaya keras dan pantang menyerah. Berikut tips untuk meningkatkan penjualan bakso dengan cara yang cepat dan sukses.

 

Ini Dia Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Bakso, dari Kaki Lima Menjadi Pebisnis Handal

 

  1. Membuka cabang

Salah satu cara membuat bisnis bakso Anda berkembang ialah dengan membuka cabang. Semakin banyak kedai atau warung bakso Anda, maka omset penjualan bakso pun akan semakin meningkat. Namun cara ini tentu membutuhkan modal yang besar. Sisihkanlah sekian persen laba untuk ditabung dan membuka cabang kedai.

  1. Membuka waralaba

Jika membuka cabang terlalu memberatkan terutama dari segi dana, maka waralaba atau franchise adalah solusinya. Anda akan mendapat banyak keuntungan dari penjualan waralaba meski tak menjanjikan laba yang besar dalam penjualan. Namun untuk menawarkan waralaba, Anda harus memiliki brand atau merk yang kuat. Meski demikian, jika Anda sukses melakukannya, bisnis bakso Anda akan sangat terkenal dan penjualan bakso pastilah akan meningkat.

  1. Buat bakso unik dan kreatif

Buatlah menu bakso dengan ide yang berbeda, baik bentuknya atau rasanya ataupun penyajiannya. Ide kreatif dalam membuat resep bakso akan menarik minat banyak pembeli. Mereka penasaran dengan bakso yang berbeda dari biasanya. Perhatikanlah bakso kreatif yang bermunculan, sebut saja bakso kotak, bakso beranak, bakso tebak dan lain sebagainya.

  1. Racik rasa yang lezat

Ide kreatif harus selaras dengan kualitas rasa yang lezat. Seunik apapun bakso Anda, jika rasanya hambar, maka pengunjung tak akan menyukainya. Mereka akan memilih bakso bulat biasa namun rasanya lezat ketimbang bakso unik dan kreatif namun rasanya tak nikmat.

  1. Beri harga yang murah

Kedai bakso dapat ditemui di mana saja. Karena itulah persaingan bisnis bakso sangatlah ketat. Agar unggul dalam persaingan tersebut, berilah harga yang murah untuk semangkok bakso. Jika ada dua kedai bakso yang sama-sama lezat namun memasang harga yang berbeda, maka konsumen akan tertarik dengan kedai yang menjual bakso lebih murah.

  1. Daftar BPOM dan Halal MUI

Daftarkan brand bakso Anda ke dinas kesehatan dan sertifikasi halal MUI. Pendaftaran keduanya sebetulnya saat mudah. Dua hal yang perlu anda lakukan adalah mendaftar ke lembaga atau dinas terkait, serta pastikan produksi bakso terjamin kesehatan dan kehalalannya. Dengan adanya dua sertifikat tersebut, bisnis bakso Anda akan makin disukai konsumen. Anda pun dapat meningkatkan penjualan bakso dengan efektif dan mudah.

  1. Pikirkan nama brand yang menarik

Buatlah sebuah brand bakso yang unik dan menarik. Pikirkan sebuah nama yang dapat membuat konsumen selalu teringat brand Anda, atau membuat mereka tertawa geli, atau kaitkan dengan fasilitas kedai dan jenis bakso yang dijual.

  1. Seragam pelayan

Berilah seragam untuk para karyawan Anda. Buat seragam tersebut dengan desain yang unik dan berwarna khas kedai Anda. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan konsumen untuk mendatangi kedai. Seragam pula harus selaras dengan pelayanan yang prima, ramah dan memuaskan konsumen.

  1. Menjaga kebersihan kedai

Kebersihan adalah salah satu faktor utama agar penjualan bakso Anda meningkat. Konsumen tentu akan memilih makan atau membeli makanan di tempat yang bersih. Pasalnya, kedai yang bersih tentu mencerminkan kehigienisan produk yang dijual.

  1. Promosi

Bisnis apapun selalu membutuhkan promosi untuk meningkatkan penjualan. Bisnis bakso pun harus giat melakukan promosi, baik melalui sosial media, memasang iklan, menyebarkan brosur, memasang poster dan lain sebagainya. Kesuksesan promosi dan strategi marketing akan berdampak sangat besar pada meningkatnya penjualan bakso Anda.

 

baca juga

123 Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

Panduan Bisnis Online Terlengkap

1000.001 Ide Bisnis UKM Dengan Modal Mulai 100 Ribu

350 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

 

Jadi, jangan pernah menyerah dalam membesarkan bisnis Anda. Jika satu cara tak berhasil, maka cobalah cara yang lain. Jika cara satu tak berhasil, maka cobalah banyak cara sekaligus. Semakin anda berusaha, niscaya akan semakin meningkat penjualan bakso Anda.

 

You May Also Like