MBI Air bersih adalah salah satu masalah yang kerap dialami di kota besar termasuk Jakarta.

Air menjadi salah satu hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga maupun industri.

Meski demikian tidaklah mudah untuk mendapatkan air bersih di kota ini karena pencemaran air yang cukup parah.

Sumur bor bisa menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan air tanah bersih.

Untuk membuat sumur bor Anda bisa menggunakan jasa yang telah tersedia dengan memperhatikan lokasi dan kondisi tanah di kawasan yang akan Anda bangun sumur.

Jika Anda sedang mencari informasi seputar jasa sumur bor di Jakarta, Anda bisa cek informasi dan penjelasan berikut ini.

Kondisi air tanah Jakarta

Jakarta adalah kota besar yang padat penduduk dan memiliki banyak infrastruktur di dalamnya.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup pada tahun 2018, banyak wilayah di Jakarta yang mengalami pencemaran air tanah.

Berdasarkan undang-undang disebutkan bahwa air tanah adalah air yang berada pada lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah.

Pencemaran tersebut terjadi di pada hampir seluruh kecamatan yang ada di Jakarta.

Setidaknya ada 42 Kecamatan yang mengalami pencemaran berat dan air tanahnya tidak dapat dikonsumsi.

Dinas Lingkungan Hidup juga menyebutkan bahwa kondisi air tanah di Jakarta dibagi menjadi 4 kategori yakni baik, tercemar ringan, sedang dan berat.

Air yang tercemar berat mengandung zat kimia helium, raksa dan lainnya yang berbahaya apabila dikonsumsi sementara kategori tercemar ringan berarti mengandung zat kimia yang lebih ringan.

Sayangnya, hanya 4 Kecamatan di Jakarta yang memiliki kategori air tanah yang baik termasuk Senen, Cempaka Putih, Gambir, dan Kemayoran.

Selain wilayah tersebut, air tanah sudah mengalami pencemaran yang cukup berat.

Pencemaran air di Jakarta disebabkan karena banyaknya limbah rumah tangga dan industri yang dibuang ke sungai maupun ke permukaan tanah.

jasa Sumur Bor Jakarta
jasa Sumur Bor Jakarta

Hal ini tentu menjadi kendala untuk mendapatkan air bersih, sehingga mau tidak mau masyarakat harus bergantung pada ketersediaan air PAM atau PDAM.

Pemerintah Jakarta sendiri tengah berusaha untuk mengatasi masalah pencemaran yang terjadi dan berusaha mengolah air yang telah tercemar agar bisa dikonsumsi.

Meski begitu, Anda masih bisa membuat sumber air sendiri dengan membuat sumur bor dalam yang dapat menembus lapisan tanah dalam.

Lapisan tanah yang lebih dalam tentunya lebih sedikit atau bahkan belum tercemar sehingga masih layak digunakan.

Jika Anda sedang memilih nian atau hendak membangun rumah maupun membelinya di daerah Jakarta maka anda juga harus mempertimbangkan kualitas air tanah di daerah tersebut apakah layak dikonsumsi atau tidak.

Kelebihan sumur bor

Sumur bor adalah sumur yang dibuat dengan memanfaatkan mesin dan alat bor yang menggali jauh ke dalam tanah.

Sumur ini bisa dimanfaatkan untuk daerah yang rawan pencemaran seperti di kota besar atau daerah pesisir.

Dengan menggali lebih dalam, Anda bisa mendapatkan air tanah dengan kualitas yang lebih baik.

Air tanah yang dihasilkan sumur bor berasal dari lapisan tanah akuifer yang mengandung lebih sedikit zat kontaminan sehingga Anda tidak perlu khawatir jika air tanah tersebut akan digunakan untuk memasak atau dikonsumsi secara langsung.

Sumur bor tidak membutuhkan banyak tempat atau ruang sehingga cocok untuk perumahan yang tidak terlalu besar atau jika hanya memiliki lahan yang sempit.

Sumur bor juga lebih hemat dikarenakan Anda tidak perlu bergantung pada PAM atau PDAM dan membayar tagihan setiap bulan.

Air tanah yang dihasilkan sumur bor dalam juga lebih baik daripada air tanah dangkal yang kemungkinan besar sudah tercemar apalagi di daerah Jakarta.

Meskipun air mineral dalam kemasan yang bisa langsung dikonsumsi ternyata air tanah juga punya banyak manfaat untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kesehatan.

Air tanah yang diambil melalui sumur bor juga bisa disimpan dalam turun dan digunakan kapanpun Anda membutuhkannya tanpa perlu menunggu pasokan air PAM atau PDAM.

Anda mesti memperhatikan berbagai aspek jika ingin membuat sumur di wilayah ibukota tersebut.

Kekurangan sumur bor

Sumur bor dalam memang memiliki beberapa kelebihan yang bisa membantu Anda mendapatkan air tanah yang bersih.

Meski begitu, sumur bor juga memiliki kekurangan yang harus dipertimbangkan saat akan membuatnya.

Kekurangan yang pertama adalah biaya pembuatan sumur bor yang lebih mahal dibandingkan dengan sumur gali.

Anda harus menyiapkan biaya untuk membuat semur dalam yang jumlahnya cukup besar.

Biaya sumur bor lebih mahal dibandingkan sumur lainnya karena menggunakan mesin bor dan material yang lebih banyak.

Selain itu, sumur bor juga memerlukan pompa untuk mengalirkan air hingga ke permukaan.

Karena menggunakan pompa, tentunya sumur bor bergantung pada listrik sehingga jika listrik padam maka pompa tidak bisa digunakan dan air tidak bisa dialirkan.

Sumur bor juga terkadang mengalami masalah seperti air menjadi keruh atau ada pipa yang terlepas sehingga Anda harus memeliharanya dengan baik.

Jika air sumur menjadi keruh karena terkontaminasi maka Anda harus memanggil jasa kuras sumur untuk membersihkan air dan membuatnya dapat kembali dikonsumsi atau digunakan untuk kebutuhan Anda.

baca juga

Memilih jasa sumur bor

Ada banyak jasa sumur bor di Jakarta yang bisa Anda gunakan baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk keperluan usaha maupun industri.

Sumur bor sangat cocok digunakan untuk perkantoran dan pemukiman padat penduduk.

Jika Anda ingin membuat sumur bor maka anda harus mempertimbangkan lokasi dimana Anda akan membuat sumur dan merencanakan budget yang dibutuhkan. dan apakah menggunakan jasa bore hole camera sebagai kelengkapannya

Pilih jasa sumur bor Jakarta yang memiliki peralatan lengkap dan dan telah terpercaya mengerjakan berbagai proyek sumur bor sebelumnya.

Pilih juga jasa sumur bor dalam yang memiliki kantor ataupun markas tidak jauh dari lokasi tempat Anda akan membuat sumur karena hal tersebut bisa menghemat biaya transportasi.

Biasanya perusahaan penyedia jasa tersebut akan memberikan berbagai macam pilihan layanan dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Pertimbangkan hal ini sebelum membuat sumur bor

Diskusikan juga tentang lokasi dan kedalaman sumur yang akan dibuat apakah memungkinkan untuk membuat sumur di daerah tersebut.

Tanyakan juga apakah perusahaan tersebut memberikan garansi dan berapa lama garansi tersebut berlaku.

Garansi tersebut akan berguna saat pemeliharaan atau jika terjadi masalah, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Anda juga sebaiknya mengetahui jenis tanah dan kondisi lokasi di mana anda tinggal jika anda tinggal di daerah rawa-rawa atau dekat dengan sungai yang tercemar maka sebaiknya Anda pertimbangkan saat akan membuat sumur.

Diskusikan hal – hal tersebut dengan pihak penyedia jasa sumur bor Jakarta jika ingin mendapatkan hasil yang diinginkan

Dengan menggunakan jasa sumur bor tentunya anda akan lebih mudah membuat sumur tanpa harus repot mengurus berbagai hal termasuk surat izin pengusahaan air tanah Jika Anda membutuhkan sumur bor yang digunakan untuk keperluan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like