mbi.my.id – Pengusaha Suvenir Online , Mungkin Anda belum tahu siapa Kurniawan Joko Purnomo. Ya, nama pria itu memang kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun ketahuilah dia mampu mendatangkan omzet Rp 400 juta sebulan melalui jualan online.

Kisah sukses Joko Purnomo ini sangat menginspirasi. Dari kisahnya, kita dapat memetik pelajaran bahwa modal utama memulai usaha adalah tekad yang kuat, bukan modal yang banyak.

Joko Purnomo sendiri bahkan mengaku usahanya yang kini beromzet fantastis itu bermula dari ‘coba-coba’ jualan suvenir khas Bali. Ya, pria asal Probolinggo, Jawa Timur ini mengadu nasib ke Pulau Dewata sejak tahun 2003 lalu.

Memangnya, suvenir apa yang dijual Joko Purnomo? Yuk simak pembahasan selengkapnya kisah sukses Joko Purnomo, pengusaha suvenir online beromzet Rp 400 juta.

Pengusaha Suvenir Online : Coba-coba Jualan Tasbih Online

Sebelum menjadi pengusaha sukses, Kurniawan Joko Purnomo berkarier sebagai programmer. Dia sudah disibukkan dengan dunia komputernya sejak lulus kuliah.

Joko Purnomo membuka jasa pembuatan website atau situs. Dan, waktu itu, dia sama sekali tidak pernah berpikiran untuk menjadi pengusaha online.

Hingga pada suatu hari, Joko Purnomo diminta oleh saudaranya untuk mencarikan tasbih. Joko Purnomo bersama istrinya, Alda Destiani kemudian berusaha mencarinya melalui pasar online, namun ternyata tidak membuahkan hasil.

Dia bersama istrinya kemudian menuju ke Pasar Sukawati, Bali. Di sana-lah tasbih permintaan saudaranya didapatkan.

Untuk diketahui, Pasar Sukawati adalah pasar yang menjual aneka suvenir khas Bali. Biasanya, wisatawan luar Bali menyempetkan untuk mampir di pasar itu untuk membeli oleh-oleh khas Pulau Dewata. Mengingat, harganya yang terjangkau, apalagi jika membeli dalam jumlah banyak.

Kembali ke kisah Joko Purnomo. Dia mengatakan jika membeli satu tasbih saja, penjual menghargainya dengan nominal cukup mahal. Alhasil, dia membeli beberapa tasbih dan sejumlah suvenir khas Bali lainnya. Dengan cara ini, harga yang dipatok penjual menjadi lebih murah.

Joko Purnomo yang kesehariannya sibuk mengotak-atik komputer itu mencoba untuk menjual tasbih dan suvenir khas Bali yang dibelinya (selain untuk saudaranya) secara online. Hal ini dilakukannya pada tahun 2009 silam.

Joko Purnomo mengaku membuat website khusus untuk jualan online produk-produknya. Dari situ-lah awal karier dia menjadi pengusaha suvenir online dimulai.

Joko Purnomo Mantap Jadi Pengusaha Suvenir Online

Sungguh mengejutkan! Respons pasar terhadap barang-barang yang dijual Joko Purnomo sangat memuaskan. Dia kemudian menambah suvenir khas Bali untuk dijajakan di website online-nya, seperti gelang, ikat rambut, kain dan lainnya.

Respons pasar yang menakjubkan ini membuat Joko Purnomo betul-betul banting setir menjadi pengusaha. Ya, pria asal Probolinggo itu mantap meninggalkan dunia programmer.

Seiring berjalannya waktu, usaha Joko Purnomo terus menunjukkan kegemilangannya. Ditambahlah produk-produk lain untuk dijual secara online, antara lain gamis, daster dan baju khas Bali. Tidak ingin keluar bujet yang banyak, Joko Purnomo meminta sang istri menjadi model produk-produk barunya.

Pria yang merantau di Pulau Dewata itu kemudian mencoba membuka toko online yang tersedia di Indonesia, salah satunya Shopee. Dijajakan semua produk khas Bali miliknya dengan nama akun ‘Kampung Souvenir’.

toko Joko Purnomo scaled
Pengusaha Suvenir Online

Pada tahun 2013, Joko Purnomo melihat peluang yang sangat menggiurkan dari produk mukena. Ya, pada saat itu, mukena berbahan rayon khas Bali lagi banyak dicari oleh para kaum muslimah Indonesia.

Dicobalah oleh dia dengan kulakan mukena khas Bali ke pedagang lainnya. Joko Purnomo pun menjual mukena itu secara online. Sungguh luar biasa! Respons pasar lagi-lagi menunjukkan kegemilangannya. Joko Purnomo mengaku saat itu mendapatkan banyak pesananan mukena dari luar Bali, khususnya daerah Jakarta dan Bandung.

Dari pengalamannya itu-lah, Joko Purnomo Pengusaha Suvenir Online menyimpulkan ternyata mukena khas Bali disukai oleh orang-orang di luar Bali.

Catatan gemilang lainnya yang dicapai oleh Joko Purnomo adalah berhasil menjual produknya hingga ke luar Indonesia, yakni Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia. Pria itu mengetahui ternyata orang-orang di negeri seberang menyukai gamis Bali.

Pengusaha Suvenir Online Dengan Omzet Bulanan Rp 400 Juta

Puncak kesuksesan telah dirasakan Joko Purnomo. Dia berhasil menjual hingga 200 orderan setiap harinya. Untuk diketahui, per orderan ini bukan satu barang saja yang dijual, melainkan ada yang dalam jumlah banyak.

produk Joko Purnomo 1 scaled
Produk Joko Purnomo

Bukan hanya Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura, pasar suvenir khas Bali milik Joko Purnomo pun merambah hingga Hongkong. Di sana, ada banyak sekali TKI yang menjadi reseller produk khas Bali itu.

Joko Purnomo mengatakan per pengiriman ke Hongkong terdiri atas berbagai produk, seperti mukena, gamis, kain dan lainnya yang semuanya khas Bali. Adapun beratnya rata-rata mencapai 50 kilogram.

Joko Purnomo yang mencapai puncak kesuksesannya itu mengaku berhasil mendapatkan omzet Rp 400 juta per bulan. Angka yang fantastis!

Baca juga:

Agar modal yang dikeluarkan lebih sedikit, Joko Purnomo kemudian memproduksi berbagai produk seperti mukena, gamis, kain khas Bali secara mandiri. Hal ini juga bertujuan agar permintaan pasar yang terus mengalami peningkatan dapat terlayani dengan baik.

Tips Sukses Jualan Pengusaha Suvenir Online Ala Joko Purnomo

Apa sih kiat-kiat yang diterapkan Joko Purnomo hingga meraih puncak kesuksesannya dalam berjualan online? Pertanyaan itu mungkin terbesit dalam pikiran Anda dan ingin segera menirunya untuk mencapai kesuksesan yang sama dengan Joko Purnomo.

Ada sejumlah tips yang diterapkan Joko Purnomo untuk mencapai kesuksesannya. Pertama, dia memberikan reward kepada para pembeli yang membeli barangnya dalam jumlah banyak. Adapun reward yang diberikan, salah satunya berupa smartphone.

Kemudian, Joko Purnomo juga melakukan pengiriman barang dengan cepat. Dia mengaku terus melakukan pengiriman barang online-nya ke pembeli hingga pukul 17.00 setiap hari. Dengan cara ini, barang pesanan yang dikirim akan cepat sampai, sehingga pembeli akan merasa senang dan berpotensi melakukan pemesanan untuk kedua dan kesekian kalinya.

toko Joko Purnomo2 scaled
Toko Joko Purnomo

Ketiga, Joko Purnomo sebagai Pengusaha Suvenir Online mengaku menyertakan kartu ucapan terima kasih pada barang yang dipesan oleh para pembelinya. Dia juga meminta para pembelinya menyampaikan feedback, setidaknya dengan memberikan rating atau bintang pada akun toko online-nya. Ya, dalam jualan online, rating sangat berpengaruh terhadap peningkatan penjualan.

Terakhir, Joko Purnomo menegaskan bahwa produk yang memiliki ciri khas dapat memenangkan persaingan dengan produk-produk yang tidak memiliki ciri khas. Itulah yang menjadikan bisnis online pria asal Probolinggo itu bisa merambah ke berbagai negara luar Indonesia.

Bagi Joko Purnomo, menjual produk secara online di era serba digital ini merupakan salah satu cara jitu untuk meraup pundi-pundi rupiah yang lebih banyak. Menurut dia, toko kecil yang menjual produk-produknya secara online sangat mungkin bisa mengalahkan toko besar yang masih mengandalkan penjualan offline.

Itulah pembahasan tentang Joko Purnomo, pengusaha suvenir online beromzet Rp 400 juta. Semoga dapat menginsipirasi Anda, khususnya yang kini menggeluti bisnis online.

Dari kisah sukses Pengusaha Suvenir Online di atas, kita dapat memetik pelajaran berharga bahwa memahami potensi pasar adalah sesuatu yang penting dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu, kita dapat membuat perkiraan yang tepat barang apa yang berpeluang mendatangkan keuntungan yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like